Sekilas Tentang Buku “Polisi Berkah”

Peluncuran buku "Polisi Berkah"

Polisi Berkah, kata tersebut tidaklah asing dikalangan anggota kepolisian Probolinggo. Ya, istilah Polisi Berkah adalah salah satu program uggulan yang digagas AKBP. Eddwi Kurniyanto selama ia menjabat sebagai Kapolres Probolinggo.

Berkah yang berarti, B-erkarya untuk Polri, E-dukasi tiada henti, R-ajin ibadah dan sedekah, K-omitmen untuk maju, A-manah dalam tugas dan H-umanis melayani. program ini menitikberatkan untuk membangun kepedulian serta kedekatan antara polisi dengan masyarakat.

Selama menjalankan tugasnya sebagai Kapolres Probolinggo, AKBP. Eddwi Kurniyanto telah banyak menuntaskan berbagai kasus serta permasalahan yang terjadi di kota tersebut. Tidak sebatas menyelesaikan masalah kriminal saja, beliau juga kerap mengadakan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat.

Ini menjadi inti dari program Polisi Berkah, dimana polisi hadir di tengah masyarakat untuk merangkul mereka tanpa pilih kasih. Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya buku “Polisi Berkah: Humanis Melayani, Santun Mengayomi” yang ditulis oleh Dien Al-Banna. Buku ini berisi tetang catatan perjalanan AKBP. Eddwi Kurniyanto selama menjabat sebagai Kapolres Probolinggo.

Ada beberapa judul yang termuat di dalamnya, diantaranya: Selamat Datang Kapolres Baru, Menggelar Koordinasi Internal, Kulonuwun ke Warosatun Anbiya, Mengenal Wilayah Tugas, Meluncurkan Commander Wish, Tiga Kemampuan Harus Dimiliki Anggota, Melaksanakan Program Prioritas Kapolri, Pedoman Lima Instruksi Presiden, Sapu Bersih Debt Collector di Jalanan, Paman Berbulu Srigala, Sebuah Akhir Membela Kehormatan Istri, Tali kasih untuk Anak Yatim, Benahi Rumah Pemulung yang Roboh, Dua Pekan Menjabat Empat Belas Kasus Tertungkap, Apresiasi Aksi Patriotisme Dua Generasi Bangsa, Akhir Perjalanan Pengedar Sabu Kelas Kakap, Deklarasi Damai Sikapi Kemenangan dan Kekalahan, Upaya Polri Menekan Angka Kecelakaan, Hadiah Doa di Saat Tasyakuran Ke-42, Sepenuh Hati Kepedulian Untuk Disabilitas, Membeguk 23 Pelaku Kriminal Dalam Dua Minggu, Fenomena Prostitusi di Era Milenial, Tumbangnya pelaku Curanmor Kelas Kakap, Penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil, Meringkus Dua Penjudi Online, Cinta Segitiga Berujung Petaka, Musuh Dalam Selimut di Perusahaan Rokok, Tanamkan Kepedulian Alam Pada Anak Yatim, Guru Dadakan di Tenda Darurat, Mengenal AKBP. Eddwi Kurniyanto, Tentang Penulis.

Diharapkan, dengan terbitnya buku ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang dan mengisnpirasi para polisi serta masyarakat umum. Juga sebagai tambahan literasi tentang kepolisian.

Peluncuran buku “Polisi Berkah: Humanis Melayani, Santun Mengayomi” ini bebarengan dengan peresmian Balai Kopi Informasi jurnalis Probolinggo. Balai KOPI yang berarti Kumpulan Orang Pencari Informasi ini, nantinya berfungsi sebagai bascamp para jurnalis pencari berita. Selain itu, juga berfungsi sebagai kantor bidang kehumasan Polres Probolinggo.

Berdirinya Balai Kopi Sanika Satyawada sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sinergitas antara Polri dengan awak media. Mengingat peran jurnalistik sangat penting sebagai penyampai informasi untuk masyarakat.

Dalam kesempatan ini, AKBP. Eddwi Kurniyanto juga berpamitan kepada awak media dan semua peserta yang hadir. Beliau mengucapkan banyak terimakasih kepada semua elemen, atas kerjasama yang telah dibangun selama ia menjabat sebagai Kapolres Probolinggo.

Tinggalkan Balasan