Polres Probolinggo Luncurkan Polisi Berkah

Program kapolri probolinggo "POLISI BERKAH"

Jika masyarakat merasa nyaman dengan kehadiran Polisi, maka akan mempermudah anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

Salah satu program unggulan yang digagas Kapolres Probolinggo, AKBP. Eddwi Kurniyanto, ialah program bertajuk Polisi Berkah. Melalui program tersebut, AKBP. Eddwi Kurniyanto ingin membangun kepedulian serta kedekatan antara polisi dengan masyarakat.

Pemilihan kata “Polisi Berkah” tidaklah sembarangan. Ada arti tersendiri dari nama tersebut; B-erkarya untuk Polri, E-dukasi tiada henti, R-ajin ibadah dan sedekah, K-omitmen untuk maju, A-manah dalam tugas dan H-umanis melayani. Dan, untuk mengetahui seperti apa saja Polisi Berkah made in Polres Probolinggo, berikut adalah uraiannya : 

Berkarya untuk Polri

Karya adalah segala hal yang diciptakan dari pikiran yang berujung  dan perbuatan. Dengan program Berkarya untuk Polri, AKBP. Eddwi Kurniyanto berharap anggota-anggotanya mampu berkarya sesuai kemampuan yang mereka miliki. Menurut beliau, menjadi Polisi bukan tentang menjalankan tugas sesuai tupoksi semata, akan tetapi juga tentang karya yang dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat.

Edukasi Tiada Henti

Edukasi bisa diartikan memberikan pelajaran, tidak hanya bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, yang paling penting adalah dapat mengedukasi masalah moral dan adab manusia. Semisal dalam berkendara, pasti ada adab dan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pengendara. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan. Sehingga, dengan melakukan Edukasi Tiada Henti, selain anggota Polri dapat mengedukasi masyarakat, juga merupakan suatu modal agar Polri di Probolinggo mampu menghadapi tantangan zaman.

Rajin Ibadah dan Sedekah.

Dalam program ini, AKBP. Eddwi Kurniyanto mengajak seluruh anggotanya untuk patuh dan taat dalam beribadah. Sesibuk dan sepadat apapun pekerjaannya, jangan sampai meninggalkan ibadah. Karena tugas dan kesibukan adalah bentuk karunia dari Tuhan yang patut disyukuri. Sehebat apapun seseorang, tidak akan ada artinya jika tidak mendapat pertolongan dari Tuhan.

Sedekah juga menjadi agenda wajib, tidak akan berkurang harta seseorang yang disedekahkan, malah akan tergantikan dengan sesuatu yang lebih besar nilainya. Selain bentuk kepedulian sosial, bersedekah juga bisa membuka pintu-pintu kemudahan dalam menjalankan tugas.

Komitmen untuk Maju

AKBP. Eddwi Kurniyanto berpesan agar dalam diri setiap anggota harus tertanam komitmen untuk maju. Maksudnya, harus ada rasa tanggungjawab, yang tidak hanya dilafalkan saja, tetapi juga diperlukan fungsi kontrol berupa kehadiran dan keseriusan untuk sebuah kemajuan, baik kemajuan secara personal maupun komitmen untuk memajukan institusi yang semakin Professional, Modern, dan Terpercaya.

Amanah dalam Tugas

Menjadi seorang Polisi adalah sebuah amanah. Semua tugas yang diberikan harus dijalankan dengan baik dan penuh tanggungjawab. Karena tupoksi Polri sangat erat bersinggungan langsung dengan masyarakat, maka kepercayaan mereka harus dijaga sebagaimana menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, merupakan bentuk menjaga amanah dari masyarakat.

Humanis Melayani

Dalam melayani masyarakat, anggota Polri harus mengedepankan perikemanusiaan dan pengabdian pada masyarakat. Maksudnya, anggota Polri harus berusaha memperbaiki hubungan dengan masyarakat dan meninggalkan pendekatan-pendekatan yang tidak sesuai dengan asas kemanusiaan. Meningkatkan hubungan yang berkualitas dan mampu membangun komunikasi secara efektif.

Dari sini, agar terjalin hubungan kuat dan serasi, juga agar tidak ada jarak antara anggota Polri dengan masyarakat. Jika masyarakat merasa nyaman dengan kehadiran Polisi, maka akan mempermudah anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.  

Tinggalkan Balasan