Lima Tips Bijak Mengunakan Plastik

pencemaran sampah plastik

Produk berbahan plastik tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Selain praktis, banyak keunggulan lain yang dijadikan alasan mengapa manusia menggunakan produk berbahan ini. Namun, penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan akan sangat berbahaya bagi kelangusungan hidup makhluk hidup. Karena bisa menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari produk plastik, melihat plastik merupakan produk yang serbaguna, murah, ringan, fleksibel, tahan lembab dan kuat. Alasan inilah yang membuat banyak perusahan di Dunia memproduksi barang berbau plastik setiap harinya.

Dewasa ini, penggunaan plastik menjadi tren yang selalau ada di kehidupan setiap orang. Baik untuk perabotan rumah tangga, bahan dasar mainan, pembungkus makanan dan minuman, bahan tambahan pembuat kendaraan, alat kesehatan, fasilitas umum, potensi besar digunakan dalam pembuatan tekhnologi modern dan masih banyak lagi. Kendati demikian, sampah yang dihasilkan dari plastik sangatlah berbahaya bagi kelanjutan planet Bumi.

Sebesar apapun manfaat dari produk berbahan plastik, tetap ada kerugian yang dihasilkan setelahnya. Penggunaan plastik yang tidak bijak akan menimbulkan masalah serius bagi berlangsungnya kehidupan makhluk hidup, baik di darat maupun di laut. Pencemaran yang dihasilkannya bisa mengganggu kesehatan manusia.

Tidak bisa dihitung berapa banyak pencemaran sampah plastik yang ada di lingkungan kita. Seiring bertambahnya penduduk, bertambah pula jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Di setiap sudut, tidak sulit kita temukan sampah plastik, entah itu bekas pembungkus makanan atau yang lainnya.

Ini menjadi PR bersama, melihat kenyataan bahwa banyaknya sampah telah merebut keasrian lingkungan. pencemarannya sudah merambah ke lautan, dimana banyak sampah yang megambang sehingga laut menjadi kotor. Jika sudah begini, siapa yang bertangung jawab?. Bumi perlu diselamatkan dari bahaya sampah plastik.

Merawat bumi adalah tugas kita bersama, tidak bisa dibebankan pada sebagian orang saja. Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan bijak dalam menggunakan plastik. Mustahil kita bisa menghilangkan kebutuhan manusia akan plastik, tapi setidaknya, kita berupaya untuk bijak dan mengurangi jumlah sampah plastik.

Berikut lima tips bijak menggunakan plastik:

  • Membawa tas belanja sendiri

Dengan membawa tas sendiri saat berbelanja, berarti kita sudah berpartisipasi dalam pengurangan sampah plastik. Cara ini juga menjadi alternatif untuk berhemat. Karena banyak mini market atau super market yang mengenakan plastik belanjaan berbayar.

  • Mengurangi plastik sebagai bungkus makanan

Meskipun penggunaan kantong plastik dinilai lebih praktis dan murah, namun bukan berarti kita tidak bisa mengunakan alternatif lain untuk menggantikan kedudukan plasik sebagai pembungkus makanan atau minuman. Sampah yang dominan kita temui tak lain ialah plastik bekas pembungkus makanan dan minuman.

Mengurangi sampah plastik bisa kita mulai dengan membawa wadah sendiri saat hendak membeli makanan atau minuman. Hal kecil yang kita lakukan seperti ini, akan sangat berguna untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

  • Mengguunakan tempat makan atau tempat minum yang bisa digunakan kembali

Tidak sulit bagi kita menemukan tempat makan atau minum yang dapat di gunakan kembali, berbagai merk tersedia dengan berbagai macam ukuran dan bentuk yang beranekaragam. Selain praktis, alat makan dan minum seperti ini bisa menggantikan peran peralatan makan yang hanya sekali pakai.

  • Mengurangi tempat makan sekali pakai

Sampah plastik tidak akan bisa habis, namun kita bisa mengurangi jumlahnya. Dengan mengurangi tempat makan sekali pakai berarti kita turut menekan jumlah sampah plastik yang ada. Jika tidak dari sekarang, kapan lagi? jika bukan kita, siapa lagi?

  • Mendaur ulang sampah plastik

Ada beberapa jenis sampah plastik yang bisa didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali. Cara ini, selain untuk mengurangi jumlah sampah plastik, juga bisa menghasilkan sebuah karya seni yang bernilai jual. Banyak pengrajin-pengrajin sukses yang menjadikan sampah sebagai ladang uang. Dengan sentuhan seni, mereka menyulap barang yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bisa dinikmati dan enak dilihat.

Jadi, mulai sekarang mari kita rawat lingkungan kita dengan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. Ini sebagai bentuk rasa syukur atas semua pemberian Tuhan. Jika lingkungan menjadi bersih, kita juga akan merasa nyaman.

Tinggalkan Balasan