Kapolres Gresik Menuai Penghargaan dari Kapolri

Penghargaan Pin Emas dari Kapolri

“Terimakasih kepada Bapak Kapolda dan Pajabat Utama Polda Jatim. Kepada seluruh anggota Polres Gresik, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, rekan media, dan segenap masyarakat Gresik. Kami sampaikan terimakasih atas doa dan dukungan selama ini—AKBP. Kusworo Wibowo, Kapolres Gresik, saat menerima Pin Emas dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.


WAKTU TERUS BERGANTI dan zaman terus bergerak. Inovasi dan kreasi menjadi harga mati untuk sebuah perubahan yang multak harus terjadi. Menjadi manusia pada zamannya, tidak bisa diabaikan. Pun, dengan pola kepemimpinan yang notabene harus mengikuti pergerakan zaman, menjadi bagian tak bisa dipisahkan dari inovasi kepemimpinan.

Menjadi Polri Promoter—terlebih disebut modern—bukan berarti larut dan hanyut dalam globalisasi zaman secara bebas tanpa batas. Menjadi modern adalah melek terhadap perkembangan zaman serta mampu beradaptasi di wilayah tugas. Menjadi Polri yang modern bukan hanya menguasi teknologi kekinian semata, akan tetapi menjadi modern adalah mampu memperbarui diri dalam kapasitas yang lebih mumpuni. Visi Modern Kapolri, sudah sangat jelas arahnya. Visi modern bertujuan agar Polri meng-upgrade diri menjalankan tugas di tengah perkembangan zaman.

Kuranglebih seratus tiga puluh hari menjalankan kepemimpinan sebagai Kapolres Gresik, berbagai pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat itupun telah banyak dilakukan.

Perlahan tapi pasti, bersama jajaran dan anggotanya, AKBP. Kusworo Wibowo terus mengupayakan berbagai pelayanan terbaik untuk masyarakat. Keinginan dan harapan AKBP. Kusworo Wibowo sangat sederhana. Ia ingin Polres Gresik dihuni Bhayangkara dengan SDM unggul dan mumpuni dengan berbagai inovasi dalam setiap pelaksanaan tugas.

Peningkatan kinerja, memperbaiki pelayanan publik, mendekatkan dengan masyarakat, meningkatkan stabilitas kamtibmas, pembenahan kultur, managemen media, serta meningkatkan reformasi kultural, adalah langkah-langkah yang telah dilakukan AKBP. Kusworo Wibowo, guna membawa Polres Gresik semakin memiliki nilai kemanfaatan yang harus dirasakan masyarakat.

Pepatah ‘sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat dan hari ini harus lebih baik dari kemarin’, menjadi pedoman AKBP. Kusworo Wibowo dalam menahkodai institusinya. Kedua pepatah itupun acap kali disampaikan kepada jajaran dan anggotanya, tatkala dirinya memberikan arahan.

Kedua pepatah berikut sikap humanis  itulah yang kemudian diadaptasi AKBP. Kusowro Wibowo, guna melahirkan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Toh, walau bagaimanapun, sebaik apapun institusi dengan corak infrastrukturnya, tanpa diimbangi dengan humanis melayani, tentu kehadiran mereka tidak bisa dirasakan oleh masyarakat di wilayah tugasnya, bukan? Lebih lagi, mantan kapolres Jember itu juga menyadari, kepercayaan yang kembali diberikan kepada dirinya sebagai Kepala Kepolisian Resor di Gresik, tentu bukan berdasarkan hasil undi belaka. Penilaian atas kinerja saat dirinya menjabat sebagai Kapolres Jember, tak dipungkiri menjadi bagian indikator yang dilihat institusi hingga alumnus AKPOL tahun 2000 itu kembali dipercaya institusi untuk menjadi nahkoda di Polres Gresik.

Sebagai pucuk pimpinan di Polres Gresik, AKBP. Kusworo Wibowo tak ingin pengabdian itu dilakukan hanya sebatas gugur kewajiban. Ia ingin Bhayangkara di Gresik melaksanakan pengabdiannya dengan diimbangi berbagai taburan inovasi, agar kemanfaatannya dalam menjalankan tugas, bisa semakin dirasakan masyarakat.

Selama empat bulan menjalankan tugas di Kota Pudak, AKBP. Kusworo Wibowo telah menorehkan berbagai keberhasilan; dari ungkap kasus hingga kelahiran inovasi pelayanan publik, telah dirasakan oleh masyarakat.

Sebut saja, inovasi Satgas Delivery SIM yang diluncurkan AKBP. Kusworo Wibowo. Inovasi Satgas Delivery SIM itu terlahir karena kepekaan AKBP. Kusworo Wibowo terhadap keluhan masyarakat yang lama mengantri di Satpas Polres Gresik. Soal inovasi pelayanan publik, Polres Gresik tidak diragukan lagi. Bahkan, beberapa Polres melakukan study tiru atas inovasi-inovasi yang telah dilakukan AKBP. Kusworo Wibowo saat menahkodai Polres Gresik.

Manusia memang hanya bisa berencana. Soal hasil, itu kehendak Tuhan Sang Maha Pencipta. Tekad kuat untuk terus menebar kemanfaatan dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, akhirnya membuahkan hasil diluar dugaan AKBP. Kusworo Wibowo. Setelah masyarakat merasakan kepuasaan atas pelayanan inovasi Polres Gresik, kini giliran AKBP. Kusworo Wibowo mendapatkan apresiasi besar dari Tribrata Satu.

AKBP. Kusworo Wibowo menerima dua Pin Emas dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Kedua Pin Emas itu kemudian diserahkan Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan saat Polda Jatim menyelenggarakan Analisa dan Evaluasi bulanan dan Gelar Operasional Polda Jatim, Kamis, 13 Ferbruari 2020.

“Terimakasih, Bapak Kapolda dan Pejabat Utama Polda Jatim. Penghargaan yang kami terima tak luput dari bimbingan beliau dan para senior.” ujar AKBP. Kusworo Wibowo, saat dirinya menerima penghargaan.

AKBP. Kusworo Wibowo menerima dua Pin Emas dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Kedua Pin Emas itu kemudian diserahkan Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan
AKBP. Kusworo Wibowo menerima dua Pin Emas dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Kedua Pin Emas itu kemudian diserahkan Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan

Hari itu, Polres Gresik tengah bertabur bintang. Penghargaan dari Kapolri tak hanya diterima AKBP. Kusworo Wibowo semata. Kapolres Gresik sebelumnya, AKBP. Wahyu Sri Bintoro, juga mendapatkan penghargaan dari Kapolri sebagai Polisi Teladan I Polda Jawa Timur.

Bangga dan haru tentu bersemayam di dalam dada. Namun, AKBP. Kusworo Wibowo tak lantas besar kepala. Kendati Pin Emas telah disematkan Kapolda, kakinya tetap dipijakan ke tanah. Ia sangat menyadari satu hal. Dirinya adalah simbolis sebagai penerima penghargaan tersebut. Jauh daripada itu, penghargaan yang diterima atas dirinya, sesungguhnya merupakan milik Polres Gresik dan bahkan masyarakat Gresik, karena sejauh ini mereka telah bersama-sama Polres Gresik membangun kondusifitas kamtibmas sebagai implementasi kebijakan Jogo Jawa Timur Kapolda Jatim.

Tinggalkan Balasan