Tebar Inovasi, Polres Gresik Raih Apresiasi


“Penghargaan ini merupakan picu dari sebuah semangat, agar Polres Gresik semakin dapat berinovasi dan semakin dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di wilayah hukum kami—AKBP. Kusworo Wibowo, Kapolres Gresik, saat menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo

-oOo-

Waktu terus berganti dan zaman terus bergerak. Inovasi dan kreasi menjadi harga mati untuk perubahan yang multak harus terjadi. Menjadi manusia pada zamannya, tidak bisa diabaikan. Pun, dengan pola kepemimpinan yang notabene harus mengikuti pergerakan zaman, menjadi bagian tak bisa dipisahkan dari inovasi kepemimpinan.

Menjadi Polri yang Promoter—terlebih disebut modern—bukan berarti larut dan hanyut dalam globalisasi zaman secara bebas tanpa batas. Menjadi modern adalah melek terhadap perkembangan zaman serta mampu beradaptasi di wilayah tempat tugasnya. Menjadi Polri yang modern bukan hanya menguasi alutista kekinian, akan tetapi menjadi modern adalah mampu memperbarui diri dalam kapasitas yang lebih mumpuni.

Visi Modern Kapolri, sudah sangat jelas arahnya. Visi modern  bertujuan agar Polri meng-upgrade diri dalam menjalankan tugas di tengah perkembangan zaman.

Siapa menanam, pasti menuai. Siapa berjuang, akan mendapatkan hasil gemilang. Kata-kata itu patut disandangkan untuk keberhasilan yang diraih Kapolres Gresik, AKBP. Kusworo Wibowo.

Berjuang adalah manifestasi rasa syukur manusia kepada Tuhan sebagaimana telah diciptakan dan diizinkan hidup di dunia. Dengan berjuang manusia bisa membuktikan bahwa dirinya pantang menyerah, ulet, dan percaya bahwa perjuangan yang dilakukan dengan tulus, inovasi yang terus dilahirkan, niscaya akan membuahkan hasil dan menjadi motivasi bagi orang lain dalam perubahan di kehidupannya.

Kendati baru dua bulan menahkodai Polres Gresik, AKBP. Kusworo Wibowo telah membuktikan kiprah bersama jajaran dan anggotanya. Kerja keras yang dibalut semangat promoter itupun telah membuahkah hasil.

Hasil tidak akan pernah menghianati usaha.

Begitulah kata mutiara yang patut disandangkan atas capaian mereka sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat, dalam mendarma bakti di bumi tugasnya.

Pengabdiannya di Polres Gresik itupun dilaksanakan sepenuh jiwa dan raga. Integeritas dan komitmen seluruh personel Polres Gresik telah mengantarkan mereka meraih penghargaan dari Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi atas dedikasi mereka dalam memberikan pelayanan publik yang sangat baik.

“Penghargaan ini adalah anugarah sekaligus cambuk bagi kami, agar semakin termotivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” Kata AKBP. Kusworo Wibowo, dengan wajah sumringah.

Mendapat menghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi itupun tak lantas membuat  orang nomor satu di Polres Gresik itu jumawa. Predikat sebagai intitusi dengan pelayanan publik sangat baik, tentu sangat disyukuri oleh Kapolres Gresik sebagai anugerah. Namun, mantan Kapolres Jember itu juga tidak melupakan satu hal, bahwa di balik penghargaan yang telah diraih, terselip cambuk untuk dirinya agar dapat semakin berinovasi menahkodai institusi Bhayangkara di Gresik.

 Inilah yang terus menjadi penekanan AKBP. Kusworo kepada jajaran dan anggotanya. Kapolres Gresik itu tak lelah untuk terus memberikan motivasi agar jajaran dan anggota senantiasa memiliki konsisten serta pemikiran yang berbeda sebagaimana hal itu merupakan keberhasilan dalam suatu inovasi. Nyatanya, dengan pemikiran yang beda, berikut dilakukan secara konsisten, Polres Gresik telah meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi.

Tidak hanya kali ini saja.

Penghargaan terkait pelayanan publik sangat baik, juga pernah diterima sebelumnya.

Luar biasa, bukan?

Sebuah Bukti Inovasi :
Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Tinggalkan Balasan