Larangan Keras AKBP. Tito Hutauruk untuk Pejabat Baru di Polres Prabumulih

Jangan coba-coba melakukan pungli atau memeras. Jika itu terjadi, saya akan bertindak tegas. Soal rejeki itu sudah diatur oleh Tuhan. Bekerjalah professional dan ikhlas —AKBP. Tito Hutauruk, Kapolres Prabumulih, saat melantik tujuh perwira di Polres Prabumulih.

25, Oktober, 2018

Kapolres Prabumulih, AKBP. Tito Hutauruk, melantik sejumlah pejabat baru di lingkungan Polres Prabumulih. Pada momen itu, AKBP. Tito Hutauruk, memberikan pesan tegas kepada mereka yang baru saja menempati posisi baru di Polres Prabumulih. Kapolres Prabumulih itu dengan tegas mengingatkan kepada jajarannya yang baru dilantik untuk tidak coba-coba melakukan hal-hal yang dapat merusak citra Polres Prabumulih khusunya dan Polri pada umumnya. Terlebih lagi, Polres Prabumulih sedang melakukan penilaian zona integeritas.

Selain larangan keras yang disampaikan, Kapolres Prabumulih itu juga meminta kepada jajarannya yang baru agar menggunakan kewenangan sebagaimana mustinya; meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan tidak boleh meminta imbalan dalam bentuk apapun tatkala melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Perintah itu sangat jelas disampaikan oleh Kapolres Prabumulih. Ia tidak ingin ada laporan masyarakat tentang jajaran maupun anggotanya yang meminta imbalan, termasuk pungli dan memeras masyarakat. Jika hal itu sampai diketahuinya, maka AKBP. Tito Hutauruk tak segan memberi sangsi kepada mereka yang kedapatan menjadi penghianat institusi.

Kapolres Prabumulih itu juga menyinggung tentang rejeki—yang apabila memang miliknya tentu tidak akan ke mana. Menurutnya, sebagai anggota Polri yang  bertugas memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat, sudah seharusnya melakukan pekerjaan dengan professional dan ikhlas serta meyakini bahwa rejeki sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tujuh jajaran baru di Polres Prabumulih itu adalah : Kabag Ops, Kompol Zai’an mutasi ke Kanit 1 Subdit 4 Ditintelkam Polda Sumsel dan digantikan Kompol Agus Selamet yang sebelumnya menjabat Kasiwasjaspam Subditbinsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Sumsel.

Kasat Reskrim Polres Prabumulih,  AKP Eryadi Yuswanto, S.H., M.H mutasi jadi panit 1 unit 3 subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumsel digantikan AKP. Abdul Rahman, S.H. Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Nofrizal Dwiyanto, mutasi menjadi Paur Sibinsiskamling Subditbinpolmas Ditbinmas Polda Sumsel dan digantikan AKP. Betty Purwanti S.I.K yang sebelumya menjabat Paur 1 SubditPenmas Bidhumas Polda Sumsel.

Kemudian, Kasat Shabara Polres Prabumulih, AKP Toni Arman, S.H.,  mutasi menjadi Kasat Sabhara Polres Muaraenim dan jabaran lama diisi AKP. Ahmad Jauhari, S.H., yang sebelumnya menjabat Kapolsek Rambang Polres Muraenim.

Kasat Binmas Polres Prabumulih, AKP Dedi Rahmad Hidayat SH mutasi jadi Paur 3 Subbidpid Bidhumas Polda Sumsel dan jabatan lama diisi Iptu Sri Djumiati yang sebelumnya menjabat Paurkes Bagsumda Polres Prabumulih. Kasat Narkoba Polres Prabumulih, AKP M Ali Asri, S.H mutasi menjadi Paur Sikowas Polsus Subditbinsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Sumsel dan jabatan lama diisi AKP. Zon Prama yang sebelumnya menjabat Panot 1 Unit 1 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Sumsel. Terakhir, Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando SH mutasi ke Pamin 2 Subbidwabprof Bidpropam polda sumsel dan jabatan ditinggal diisi AKP Alhadi Ajansyah SH yang sebelumnya panit 1 unit 1 subdit 1 Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Itulah mengapa, AKBP. Tito Hutauruk berpesan kepada jajaran barunya untuk bekerja professional dan ikhlas serta melarang keras mereka menerima dan meminta imbalan apalagi sampai melakukan pungli atau memeras masyarakat. 

Selain larangan keras ditujukan agar tidak mencoreng nama institusi, AKBP. Tito Hutauruk juga  ingin segenap jajaran dan anggota di Polres Prabumulih menjadi manusia yang senantiasa rejekinya dipermudah oleh Tuhan karena telah mempermudah masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Lagipula, bukankah jika mempermudah urusan manusia, Tuhan juga akan mempermudah urusan kita?

Memang, tak tak sedikit manusia yang menuntut balasan instan atas apa yang dilakukan. Mereka ingin sukses, tapi enggan berproses. Ingin duduk di atas, tapi urung kerja keras. Ironisnya lagi, kejahatan yang terjadi di dunia ini, ternyata ada hubungannya dengan keengganan manusia mengalami proses dan ingin mendapatkan hasil yang serba instan. Hasilnya, terjadilah pencurian, perampokan, bahkan pembunuhan yang motifnya ingin menguasi dan memiliki harta korban.

Faktanya, jalan menuju kesuksesan itu tak semudah membalikan telapak tangan.  Sama halnya dengan ketujuh jajaran Polres Prabumulih yang baru dilantik AKBP. Tito Hutauruk. Pastinya, sebelum mereka berada di posisi sekarang, pasti terlebih dahulu harus melakukan perjuangan dengan terus meningkatkan etos kerja hingga rejeki berupa jabatan itupun datang menghampiri.

Selain larangan keras tersebut, AKBP. Tito Hutauruk juga menekankan kepada mereka untuk menggalakan sinergitas, profesional dan tanggungjawab sebagaimana hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan mewujudkan Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Prabumulih.

“Selamat datang kepada pejabat yang baru. Selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, mari bersama mewujudkan zona integritas di Polres Prambumulih. Untuk pejabat lama, saya haturkan terimakasih atas dedikasi pengabdian selama ini di Polres Prabumulih. Semoga sukses dengan jabatan barunya.” Ucap AKBP. Tito Hutauruk saat melaksanakan serahterima jabatan tujuh perwira di lingkungan Polres Prabumulih.


Putri Dyah Sidratur Rizqi, lahir di Jember 10 Desember 1997. Mahasiswa berumur 21 tahun yang masih menempuh pendidikan S1 di Universitas Jember jurusan IPS fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan Program studi Pendidikan Ekonomi. PD—sapaan akrab—Putri Dyah Sidratur Rizqi merupakan mahasiswa semester VI yang hobi makan dan membaca novel, tapi bercita-cita menjadi orang sukses

323total visits,2visits today

Tinggalkan Balasan