Polisi Millenial : Sebuah Aksi Kepedulian

Aksi kepedulian yang kami lakukan, tak lain merupakan keyakinan akan tugas sebagai manusia yang ingin menjadi sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat dan memiliki tujuan besar guna menyukseskan visi institusi yang professional, modern, dan terpercaya—AKBP. Alfian Nurrizal

Polisi Millenial : Sebuah Aksi Kepedulian adalah buku yang ditulis oleh Dien Albanna berdasarkan kisah nyata atas aksi kepedulian yang dilakukan Ajun Komisaris Besar Polisi Alfian Nurrizal ketika menahkodai Polres Probolinggo Kota. Tentunya, apa yang dilakukan AKBP. Alfian Nurrizal bukan berarti tanpa sebuah proses dan didikan sebelumnya. Seperti yang telah saya ketahui belakangan, rupanya kegemaran orang nomor satu di Polres Probolinggo Kota itu tak lain karena didikan dari orangtuanya, terutama seorang ibu yang selalu mengarahkan Alfian Nurrizal untuk gemar membantu dan mengepakkan sayap kepeduliannya terhadap sesama. Begitupun apa yang disampaikan oleh kawan karibnya, AKBP. Kelana Jaya, yang mengatakan bahwa Alfian Nurrizal adalah sosok yang sangat berbakti kepada ibunya sehingga tak ayal bagi Alfian Nurrizal ibunya merupakan surga baginya.

Berkat didikan itulah, yang kemudian diiringi tugasnya sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, Alfian Nurrizal pun tak lelah untuk terus mencurahkan kepeduliannya kepada segenap lapisan masyarakat; mulai anak-anak hingga kaum dhuafa.

Sebagai penulis, Dien Albanna sendiri mengakui bahwa karyanya yang berjudul Polisi Millenial ini sangatlah sederhana. Namun, kesederhanan dalam karya ini bisa tertutupi atas apa yang telah dilakukan oleh AKBP. Alfian Nurrizal melalui aksi kepeduliannya sebagai polisi millenial, yang tak melulu mengomando jajaran dan anggotanya untuk memasang tampang seram, akan tetapi sudah seyogyanya polisi millenial harus lebih mengutamakan kepedulian, sehingga dari aksi tersebut dapat menekan angka kejahatan yang marak terjadi.

Terlepas dari tugas menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya, aksi kepedulian yang dilakukan AKBP. Alfian Nurrizal merupakan sebuah inspirasi dan motivasi yang mengajarkan kepada kita semua bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan kepedulian; baik perlindungan hukum hingga kesejahteraan.

Melalui aksi kepedulian yang dilakukan AKBP. Alfian Nurrizal, yang ditulis oleh Dien Albanna ini,  setidaknya bisa mengambil pelajaran betapa pentingnya didikan orangtua dalam perjalanan kehidupan seorang anak. Faktanya, keharuan dan kegemaran akan kepedulian AKBP. Alfian Nurrizal, tak luput dari didikan seorang ibu yang selalu mengarahkan anaknya untuk selalu bersimpati dan empati terhadap penderitaan sesama. Begitupun subtansi polisi millenial yang digenderangkan AKBP. Alfian Nurrizal, tak lain sebuah bukti bahwa polisi sekarang adalah polisi millenial yang berjalan di garis professional, modern, dan terpercaya.

Dengan menebar kepedulian, kepolisian tak hanya menjalankan tugas menjalankan penanganan terhadap keamanan dan ketertiban di wilayah hukum semata. Jauh daripada itu, aksi kepedulian yang dilakukan Polres Probolinggo Kota dengan turun ke akar-akar rumput, tak pelak dapat menjadikan pelajaran akan kesabaran, keteguhan, dan juga pantang menyerah lapisan masyarakat di tingkat bawah dalam menjalankan kehidupan di zaman millenial ini.

Semoga, dengan terbitnya buku Polisi Millenial : Aksi Sebuah Kepedulian’bisa menjadikan semangat mengabdi bagi jajaran dan anggota Polres Probolingo Kota, khususnya dan Polri pada umumnya dalam menjalankan visi sebagai manusia yang harus bermanfaat bagi sesama dan menyukseskan visi Promoter Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.


2 tanggapan pada “Polisi Millenial : Sebuah Aksi Kepedulian”

  1. Pingback: Membangun Perilaku Manusia Beriman di Hari Peduli Sampah Nasional – Kapolresiana

  2. Pingback: AKBP. Alfian Nurrizal, Kapolres Peduli Pesakitan Masyarakat Kecil – Kapolresiana

Tinggalkan Balasan