Sinergitas Perdana AKBP. Ahmad Arif Sopiyan di Hulu Sungai Utara

Setiap perjalanan pasti melahirkan sebuah pengalaman, baik itu menyenangkan atau menyedihkan. Pengalaman yang terlahir di setiap perjalanan, dapat kiranya dijadikan modal untuk menjadi manusia yang lebih baik. Bahkan, tak hanya dari diri pribadi, pengalaman yang dapat dijadikan guru terbaik, bisa juga berasal dari orang lain.

Dengan melihat, mendengar, bahkan turut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sudah seyogyanya manusia dapat mengambil pelajaran, agar pengalaman orang lain terjadi ataupun tak terjadi pada dirinya.Toh, bukankah pengalaman memiliki dua sisi? Menyenangkan atau menyedihkan. Yang mana, dari dua sisi tersebut, bukankah bisa dijadikan sebagai motivasi maupun antisipasi agar pengalaman orang lain tidak terjadi ataupun sebaliknya?

Setiap manusia pasti mengalami perjalanan dalam hidupnya. Asmara, financial, maupun karir di kelembagaan yang menaunginya. Dari perjalanan itulah, manusia bisa menjadikan dirinya lebih memahami akan hikmah di setiap perjalanan yang dilakukan. Begitupula, perjalanan pergantian pimpinan, yang kini mengantarkan AKBP. Ahmad Arif Sopiyan menjadi kepala kepolisian resort di Hulu Sungai Utara, yang menggantikan Kapolres sebelumnya, AKBP. Agus Sudaryatno, yang kini menjabat sebagai Kapolres Pasuruan Kota.

“Situasi kamtibmas harus dipastikan kondusifitasnya. Apalagi, saat ini, sedang mengalami tahun politik sehingga menuntut Polri untuk mengedepankan kewaspadaan dan siaga penugh terhadap keadaan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum masing-masing.” pesan Kapolda Kalimantan Selatan, Inspektur Jenderal Yazid Fanani, selepas melantik AKBP. Ahmad Arif Sopiyan menjadi kapolres di wilayah satuan kerja Polda Kalimantan Selatan.   

Ahmad Arif Sopiyan—demikian perwira polisi menengah bernama. Ia merupakan alumni Akademi Kepolisian tahun 1999. Selain tekad meneruskan program kapolres sebelumnya, pesan dari pimpinannya itu tak kalah dipegang erat oleh AKBP. Ahamd Arif Sopiyan, yang sebelumnya bertugas di Detasemen B Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan Selatan 

Selain berkewajiban mesukseskan visi promoter Kapolri berikut commander wish Kapolda Kalimantan Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Yazid Fanani, AKBP. Ahmad Arif Sopiyan tentunya berkeinginan untuk menorehkan prestasi kepemimpinan sebagai kepala kepolisian resort Hulu Sungai Utara menjadi lebih baik lagi. Untuk itulah, di saat pisah sambut, ia memohon dukungan dari segenap elemen yang ada di Hulu Sungai Utara; pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, rekan media hingga masyarakat di akar rumput, tak luput dari permohonan dukungan AKBP. Ahmad Arif Sopiyan.

8 November 2018

Merupakan hari perdana AKBP. Ahmad Arif Sopiyan menahkodai Kepolisian Resor Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Kendati langit dirundung mendung, namun tak menyurutkan AKBP. Ahamad Arif Sopiyan melenggangkan kakinya untuk menjalin silaturhami sekaligus uluk salam. Pemohonan dukungan atas kepemimpiannaya menahkodai Polres Hulu Sungai Utara tak ingin terlontar sebatas ucapan samata. AKBP. Ahmad Arif Sopiyan melangkahkan kakinya untuk menghamparkan uluk salam sinergitas ke Forkompimda, Tokoh Agama, Kajari Hulu Sungai Utara, Ketua Pengadilan Negeri Amunai, dan Dandim 1001 Amuntai, Balangan.

Selain menghamparkan maksud atas kedatangannya, AKBP. Ahmad Arif Sopiyan juga sedikit mengulas mengenai program-program yang akan dijalankan untuk membawa Polres Hulu Sungai Utara menjadi lebih baik lagi. Adapun beberapa hal yang disinggung oleh Kapolres Hulu Sungai Utara itu tentu tak keluar dari apa yang menjadi misi Kapolri; Reformasi Kultural, Perbaikan Layanan Publik Berbasis IT, Peningkatan Profesionalisme dalam Penegakan Hukum, Peningkatan Stabilitas Kamtibmas dan Manajemen Media.

AKBP. Ahmad Arif Sopiyan sangat menyadari bahwa kunci keberhasilan adalah mendisplinkan segalanya. Dimulai dari hal yang kecil, hingga merambah ke hal yang besar. Kalau tak dibiasakan dari hal kecil, rasanya tak mungkin terbiasa disiplin terhadap hal yang besar, bukan?

Pun, perihal reformasi kultural yang disampaikan tatkala melakukan silaturahmi uluk salam, akan menjadi penekanan utama commander wish-nya, guna membawa Polres Hulu Sungai menjadi institusi Polri yang semakin berprestasi dalam menjalankan tugas harkamtibmas, terutama pemberantasan narkoba yang kini tengah meresahkan masyarakat hingga merajalela di akar rumput.

***

552total visits,3visits today

Tinggalkan Balasan