AKBP. Takdir Mattanete, Kapolres Penggemar Buku

Ia adalah sosok yang suka mendokumantasi sesuatu yang dianggap layak untuk diabadikan. Setidaknya, dalam kurun satu tahun, sudah ada empat karya literasi yang digagas oleh AKBP. Takdir Mattanete.  Nette Boy, Srikandi Banjar Bungas, Sasirangan, dan Komik Nette Boy, yang semua itu ditulis oleh satu penulis bernama Dien Albanna.

Setiap karya yang digagas beliau, tentu memiliki cerita di balik layar. Srikandi Banjar Bungas, misalnya. Buku tersebut merupakan pemikiran AKBP. Takdir Mattanete untuk mengabadikan kiprah Srikandi Polres Banjar dalam menjalankan tugas sebagai sahabat masyarakat. Srikandi Banjar Bungas merupakan terbosan inovasi non IT persembahan Polres Banjar—yang tengah dikepalai oleh AKBP. Takdir Mattanete. Srikandi Banjar Bungas adalah Unit Satuan Patroli yang diawaki Polisi Wanita Polres Banjar dari berbagai Satuan Fungsi Oprasional; Shabara, Lantas, Reserse, Binmas, Intel, dan Satuan Fungsi Operasional lainnya, yang notabene memiliki tugas berbeda-beda.

Srikandi Banjar Bungas

Srikandi Banjar Bungas merupakan terobosan kreatif AKBP. Takdir Mattanete pasca dirinya menjabat sebagai Kapolres Banjar. Srikandi Banjar Bungas juga merupakan sebuah upaya menciptakan dan memberdayakan personel yang ada di institusinya untuk semakin berkibar dalam menjalankan tugas di tengah masyarakat serta menjadikan Polres Banjar semakin berkibar dengan tetap on the track di jalan Promoter sebagaimana visi Kapolri Tito Karnavian itu berkumandang.

Srikandi Banjar Bungas adalah  inovasi non IT yang diciptakan AKBP. Takdir Mattanete—yang personil dari satuan khusus tersebut—diambil dari polwan pilihan yang ada di Polres Banjar dari berbagai satuan fungsi operasional yang menjalankan tugas sebagai sahabat masyarakat.  Harapan terlahirnya inovasi non IT itu tak lain sebagai upaya untuk memberikan persembahan kepada masyarakat tentang polisi yang menjadi sahabat masyarakat, agar apabila ada masyarakat yang hendak menumpahkan problematika terkait Kamtibmas, tidak merasa canggung atau sungkan.  Selain itu, harapan Kapolres Banjar melahirkan Srikandi Banjar Bungas, agar mereka menjadi inspirasi bagi para wanita untuk terus berkiprah dalam segala hal dan mampu mesejajarkan diri dengan laki-laki.

Srikandi Banjar Bungas, merupakan wujud memberikan pelayanan secara persahabatan dengan masyarakat, juga bukti keinginan AKBP. Takdir Mattanete untuk tidak memposisikan Srikandi sebagai hiasan semata, akan tetapi menempatkan mereka sebagai perempuan tangguh, pintar, cerdik, bijak, lembut dan tetap berpenampilan elok secara lahir batin.

Komik Nette Boy

Selain buku yang diperuntukan masyarakat dewasa, AKBP. Takdir Mattanete juga memberikan pemikirannya terhadap anak-anak. Komik Nette Boy: Detektif Cilik, merupakan bukti nyata atas kepedulian Kapolres banjar dalam mengedukasi anak-anak melalui literatur. 

Selanjutnya, ia tak hanya berhenti di situ saja. Kapolda Kalimantan Selatan, yang kala itu masih dijabat oleh Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana—sekarang telah menjadi Inspektur Jenderal Polisi—AKBP Takdir Mattanete juga menginisiasi aplikasi itu agar menjadi literatur yang dikemas dalam bahasa popular tentang aplikasi bernama Sasirangan.

Sasirangan : Public Trust Command

AKBP. Takdir Mattanete memang memiliki gagasan serta menginisasi. Namun, ia menyerahkan semua ide pengerjaan ke Dien Albanna selaku penulis. Ia tidak pernah mendikte apalagi mengintervensi. Semua diserahkan ke penulis untuk mengekplor dengan alasan ingin menikmati dan menimba ilmu dari oranglain melalui karya-karyanya dan bukan dari pen-dikte-an dirinya yang tentu tidak akan menimbulkan wawasan baru lagi baginya.

Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu kerap mengabdikan program kerja dan inovasi-inovasinya menjadi literasi. AKBP. Takdir Mattanete, Kapolres Banjar itu,  ingin apa yang dipikirkan dan dilakukan menjadi prasasti ataupun aset sejarah sebagai pembelajaran generasi penerusnya. Jika tidak dinikmati oleh oranglain, setidaknya karya atau gagasan yang ditumpahkan dalam literasi berupa buku, bisa dinikmati oleh anak dan keturunannya.

Nette Boy : Polisi Wangi Sejuta Prestasi

***

981total visits,2visits today

5 tanggapan pada “AKBP. Takdir Mattanete, Kapolres Penggemar Buku”

Tinggalkan Balasan